" A helping People Business" yaitu ingin membantu orang mendapatkan sehat dan sejahtera. Di luar sana banyak orang sehat secara fisik tapi tidak sejahtera alias "tongpes", ataupun

08 September 2007

About Bees

Lebah madu adalah serangga pekerja tanpa lelah. Mereka bekerja tidak hanya untuk mencari makan. Dengan melakukan aktifitasnya tersebut, lebah ikut membantu proses penyerbukan pada bunga, yaitu dengan membantu serbuk sari bertemu dengan putik bunga.



Dengan adanya proses penyerbukan yang alami itu, manusia dapat melihat berjuta jenis tanaman di alam, melihat beragam bunga yang indah dan pepohonan, serta menikmati buah-buahan yang beraneka jenisnya. Peristiwa
alami yang berlangsung dari masa ke masa itu dapat terjadi berkat kerja koloni lebah. Sehingga, dapat dikatakan ketergantungan manusia kepada serangga kecil ini sangatlah besar.

Lebah memiliki kesempurnaan bentuk anatomi tubuh dan cara bekerja. Kesempurnaan cara lebah bekerja dan mengatur pembagian tugas pun disarankan untuk diteladani manusia.

Tertulis dalam semua kitab suci
Lebah dan keajaiban madu sebagai sumber makanan alami yang mengagumkan telah diungkapkan di seluruh kitab suci, seperti Alquran, Injil, Taurat, dan Zabur.

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di
pohon-pohon kayu, dan di tempat yang dibikin manusia."

"Kemudian ma
kanlah dari segala jenis bunga-bungaan dan buah-buahan, dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). (Dengan itu) Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirnya." (Alquran surat An-Nahl: 68-69)

Kemudian khasiat madu tersebut ditegaskan lagi dalam hadits yang diriwayatkan oleh
Bukhari:''Madu adalah penyembuh bagi semua jenis sakit dan Alquran adalah penyembuh bagi semua kekusutan pikiran" Alkitab juga memuat ayat mengenai hasil lebah yang penuh khasiat ini. Disebutkan bahwa, "Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang MADU, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang" (Amsal 16:24).

Dan Amsal 24:13 menyebutkan, "Anakku, makanlah madu, sebab itu baik: dan tetesan madu manis untuk langit-langit mulutmu.
" Bahwa madu mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan manusia, antara lain tercantum dalam Kitab Suci Weda yang menyatakan: "Hidup manusia akan diperpanjang dan diawetkan jika dalam makanannya sehari-hari selalu ada madu...,"

Dalam ajaran agama Buddha ada 5 jenis obat yang bisa dikonsumsi oleh para bhikku setelah makan siang, salah satunya adalah madu. Selama 3 bulan para bhikku dan bhikkuni yang bermeditasi tidak mengonsumsi apa pun kecuali madu. Seperti yang disebutkan dalam Vinaya Pitaka, "Beberapa jenis obat yang dipakai oleh bhikku yang sakit adalah ... madu" (Mahavagga VI.208 15-10)

Penggunaan produk lebah sejak zaman dahulu
Madu memang merup
akan produk lebah yang paling dikenal masyarakat dunia. Madu telah mendapatkan tempat yang istimewa dalam sejarah pengobatan tradisional. Lebih dari 900 obat dan ramuan penyembuh pada saat itu menggunakan bahan dasar madu.

Or
ang-orang Mesir, Assyria, Cina, Yunani, dan Romawi kuno memanfaatkan madu untuk menyembuhkan luka dan beragam penyakit. Kaum perempuan di Mesir, Yunani, dan Rusia memanfaatkan madu untuk memelihara kecantikan kulit wajah, agar cantik, bersih, menghilangkan noda dan -bintik hitam, serta mencegah keriput. Pada zaman Mesir kuno, Yunani kuno, dan Indian kuno, pengawetan jenazah seperti mumi fir'aun selalu menggunakan larutan madu. Sebelum disemayamkan, jenazah direndam beberapa hari di dalam larutan madu.

Karena fakta menyatakan bahwa madu mengandung zat yang dapat menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri sehingga berfungsi baik dalam pengawetan. Tidak hanya madu, produk lebah seperti propolis sebenarnya sudah digunakan sebagai obat sejak abad ke-12. Orang Yunani dan Romawi telah menggunakan propolis untuk mengobati luka lebam pada tubuh akibat perang.

Demikian halnya dengan masyarakat Mesir, selain menggunakan propolis sebagai obat, juga memakainya sebagai perekat pada pembuatan kano. Bagi lebah sendiri propolis berfungsi melindungi seluruh sarang dan tempat lebah ratu menyimpan telurnya dari hama yang menyebabkan kebusukan telur-telur itu.
Perkembangan produk lebah saat ini
Madu ternyata tak cuma nikmat untuk diminum. Pada zaman modern seperti sekarang produk lebah sudah mulai dilirik sebagai bahan obat, mempunyai sifat yang mampu melawan penyakit dan antibakteri. Seluruh benua di dunia kini menjadikan madu sebagai obat penyembuh luka karena kemampuannya menghambat infeksi pada luka. Selain itu, madu juga memiliki khasiat khusus yang sangat besar dalam membantu penyembuhan berbagai penyakit, seperti penyakit pernapasan, paru-paru, jantung, gangguan saluran pencernaan, liver, dan saraf.

Dalam perkembangan lebih lanjut, manusia menemukan produk lebah yang lebih hebat dibandingkan dengan madu, yaitu royal jelly. Royal jelly sebetulnya bahan makanan khusus untuk lebah ratu yang dihasilkan lebah pekerja muda. Seperti yang telah diketahui, lebah ratu bertanggung jawab untuk memproduksi ribuan telur, karenanya ia membutuhkan makanan yang mampu menjaga ketahanan tubuh dan kebal terhadap penyakit. Berdasarkan penelitian ilmiah, royal jelly sangat kaya akan kandungan senyawa alamiah yang bersifat antivirus dan antibakteri. Sehingga, khasiat serupa juga akan dirasakan ketika manusia mengonsumsinya.

Selain royal jelly, bee pollen merupakan produk lebah yang telah dianggap sebagai makanan alami yang paling lengkap. Lebah menghasilkan bee pollen yang berasal dari serbuk sari bunga-bungan yang berbentuk debu keemasan. Para praktisi kesehatan tradisional telah diresepkan bee pollen sebagai makanan tambahan yang akan membuat tubuh awet muda, membantu menstimulasi organ dan kelenjar tubuh, meningkatkan vitalitas, bahkan memperpanjang usia. Kemampuan bee pollen secara konsisten meningkatkan energi menjadikan bee pollen makanan favorit para atlet kelas dunia dan mereka yang menginginkan kualitas performanya meningkat.

Produk lebah lain yang juga sangat berkhasiat adalah propolis. Propolis merupakan zat esensial yang diproduksi oleh lebah dari getah tumbuhan. Getah yang dibawa ke dalam sarang lebah inilah yang menjadi bahan dasar pembentuk propolis. Getah tumbuhan oleh para lebah pekerja dicampur dengan wax (sejenis lilin) dan serbuk sari bunga. Dengan bantuan air liur lebah, campuran ini (getah, serbuk sari, dan lilin) menjadi lentur yang disebut propolis. Propolis juga digunakan oleh manusia dalam melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, dan jamur. Kecepatan kerja dan keaktifan propolis dalam bereaksi menahan serangan kuman menjadi keunggulan propolis, dibandingkan dengan bahan alami yang memiliki sifat serupa.

Sumber : hdindonesia

Tidak ada komentar: